Memilih Senapan Angin PCP untuk Berburu dan Kompetisi

Senapan angin jenis PCP (Pra-Charged Pneumatic) memang sudah lama populer di kalangan penembak maupun pemburu. Jenisnya juga beragam. Bagi temen-temen yang kesulitan memilih dan memilah mana senjata yang tepat untuk kegiatan berburu dan kompetisi, berikut ini beberapa rekomendasi merk senapan angin PCP lokal dan impor terbaik yang dapat temen-temen masukkan ke dalam daftar referensi keinginan temen-temen.

1.Senapan angin PCP Air Force Condor (AFC)

Asal senapan ini adalah dari USA. Sebelum akhirnya diadaptasi dan dikreasikan sendiri oleh pengrajin senapan angin pcp di Indonesia. Model senapan angin PCP Afc sangat elegan dan berkelas, harganya pun lebih mahal daripada senapan-senapan yg beredar di pasaran.Dengan di bekali tabung Bocap (360cc/500cc) Senapan Afc bisa memiliki speed rata-rata 1.200 fps dengan rasio tekanan di atas 2500 psi. Senapan ini cocok di gunakan untuk berburu di bidang BIG GAME atau MEDIUM GAME. Dan tidak di anjurkan untuk ajang kompetisi.

2.Senapan Angin PCP Bocap 


Senapan ini disebut Bocap karena bentuk tabungnya mirip botol kecap. Ukuran penampung angin senapan Bocap beragam, mulai dari 220cc,290cc,360cc sampai 500cc. Selain itu, Bocap memiliki Chamber yang terdiri dari monolite (Ruang Ledak/valve konstruksi terbungkus jadi satu di dalam Chamber) dan monoblock (Biasa juga disebut Chamber tumpuk). Senapan angin ini dapat mencapai 40-80 kali tembakan dengan kecepatan 750-900 fps. Senapan ini bisa Di Peruntukan Untuk Berburu dan Kompetisi Sesuai Speck yg di aplikasikan ke dalam rangkaian senapan tersebut.

3.Senapan Angin Merauder 

 Mekanisme senapan angin ini hampir sama persis dengan Senapan angin Bocap, kecuali pada penyimpanan dan sistem chamber tumpuknya. Penyimpanan angin berbentuk tabung dengan diameter luar/OD dan dengan ukuran berbeda-beda juga contoh; (OD 18 sampai OD 38 Bahkan ada juga pengrajin yg membuat diameter tabung sampai OD 50MM).Senapan ini dapat digunakan dalam small dan medium game.

4.Senapan Angin PCP Mouser

Desainya yg sederhana dan simpel dari senapan angin PCP Mouser membuatnya mudah dibawa ke mana-mana. Senapan ini dibekali single shot akan tetapi menghasilkan power yang besar. Untuk mengatur power sangatlah mudah temen-temen cukup mengencangkan atau mengendorkan per hammer-nya yg terletak di belakang ruang pemukul. untuk meningkatkan kekuatan senapan Mouser tinggal kita kencangkan saja begitu juga sebaliknya.


5.Senapan Angin PCP Challenger

Senapan produksi Crosman Coorporation di Amerika Serikat ini dikenal dengan desainnya yang elegan dan keakuratan yang mumpuni. Baru-baru ini, senapan angin PCP Challenger dilegalkan dalam ajang kompetisi menembak.
Spesifikasi :
Desain ambidextrous dengan stok polimer.
Terdapat butt pad yang dapat disesuaikan untuk mengatur panjang laras dari 38, 75 inci menjadi 41 inci.
Berat +/-4,8kg
Kaliber 4.5 mm
Dapat menembakkan sekitar 70 putaran
Speed maksimum 2.000 psi

6.Senapan Angin PCP Crosman Benjamin Discovery 

Tampilan senapan angin Crosman Benjamin Discovery halus. Dilengkapi bahan kayu berkualitas terbaik dan tiga macam kaliber yakni 177"(4,5mm) 20"(5,0mm) dan 25"(5,5mm). Tetapi di negara kita sendiri sudah tidak di ijinkan berburu atau lomba menembak dengan senapan angin kalliber di atas 177". Jadi untuk menggunakan senapan angin kalliber diatas 177" di perlukan izin dari PERBAKIN atau KEPOLISIAN dan itu tidaklah mudah untuk mendapatkan izin tersebut.
Speed 900 fps tabung angin 2000 psi Dilengkapi pengukur tekanan angin atau Regulator.Tabung angin memiliki fitting foster dan reservoir angin 135 cc.

7.Senapan Angin Air Arms

Senapan angin yg satu ini sebenernya bentuk dan desain dasarnya sangat mirip dengan senapan angin PCP yg lain. Yg membedakan senapan angin Air Arms ini hanyalah konstruksi pada rotari (putaran) magazine saja.





silahkan cek senapan angin PCP Lokal untuk lomba dan Senapan Angin Lokal Setara Dengan Senapan IMPORT 

Spesifikasi Senapan Angin Yang Perlu di Pertimbangkan

koplak
Jika teman-teman ingin menentukan jenis hewan apa yang ingin diburu dan seberapa jauh apa temen-temen ingin menembak, maka kita harus memastikan spesifikasi senapan angin. Jenis-jenis senapan angin itu penting. Tetapi, kinerja yang dihasilkan juga tak kalah berpengaruh.

Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan dalam senapan angin;


1.Panjang laras 

Apakah teman-teman ingin menggunakan senapan untuk berburu, mengikuti kelas menembak atau kompetisi? Sebagian orang punya asumsi bahwa panjang laras dapat memengaruhi tingkat akurasi dan presisi tembakan. Di samping itu, alur yang ada di dalam laras juga berperan besar.

2.Foot Pound of Energy (FPE)

Yaitu seberapa kuat senapan angin tersebut. FPE adalah spesifikasi untuk berburu, yang akan menentukan banyak energi yang dibawa mimis saat melepaskan laras.

3.Kaliber 

Kaliber atau ukuran diameter peluru akan memberi efek pada PFE. Semakin besar kaliber yang Anda pakai, semakin besar pula target buruan. Ada beberapa jenis kaliber, rinciannya sebagai berikut :

  1. Kaliber 177’ (4,5 mm). Ini jenis paling umum, di Indonesia tidak perlu izin khusus untuk memiliki senapan berkaliber 4,5 mm. Biasanya, kaliber 177’ digunakan untuk lomba dan berburu permainan kecil(small game).
  2. Kaliber 20’ (5,0 mm). Kaliber ini biasa dipakai di Eropa. Lintasannya mirip 4,5 mm, namun tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar. 
  3. Kaliber 22” (5,5/5,6 mm). Umumnya untuk berburu dan harus memiliki lisensi (Izin) kepemilikan senjata. 
  4. Kaliber 25” (6,35 mm).

Adapun untuk ukuran binatang seperti kelinci  dan tupai maka kalibernya adalah 177" dan 20", sementara rusa besar dan babi hutan atau big game menggunakan kalliber : 308" atau 9mm.

4.Jangkauan maksimal atau Jarak Menembak

Lokasi dan cara berburu teman-teman sangat menentukan seberapa jauh jarak yang diperlukan untuk menembak. Jika kalian berburu dalam big game, maka temen-temen membutuhkan jarak yang cukup jauh untuk membidik dan melepaskan peluru. Karena senapan kuat memiliki jangkauan maksimal juga. Sebaliknya, jika Anda berburu hewan kecil, tetapi harus menembak dalam jarak jauh, maka Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa jenis dan kaliber senapan Anda sudah tepat.
Baca Juga Jenis Senapan Angin PCP di Indonesia
Nah sampai disini saja sedikit rekomendasi pemilihan senapan angin untuk berburu dan kompetisi dari saya. Dan kalau temen-temen punya referensi senapan angin dan hal yg harus di perhatikan dalam menentukan SPESIFIKASI senapan angin silahkan cantumkan aja di kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Belum ada Komentar untuk "Memilih Senapan Angin PCP untuk Berburu dan Kompetisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2