5 Jenis Senapan Angin di Indonesia

Kali ini saya akan mengulas lebih mendalam secara mendasar tentang senapan angin dari mulai Sejarah,  pengertian, fungsi, jenis, mekanisme dan lain-lain.
Senapan Angin Pcp, jenis senapan angin, senapan angin gejluk

 A.Sejarah

Senapan Angin Pertama kali di kembangkan pada abad ke-18 ketika terjadi perang antara Amerika Serikat melawan Britania Raya (nama negara inggris pada masa itu) tepatnya terjadi pada 18-02-1812 sampai 18-02-1815 tepat 2thn setelah di adakan perdamaian.

Dan mulai lebih di kembangkan ketika perang sipil di amerika mulai memanas dan bergejolak. Di situ para pelaku perang sudah mulai menggunakan senapan angin untuk di jadikan senjata. Walau masa itu masih sangat sederhana namun di yakini sudah bisa membunuh lawan dengan jarak tertentu karena sudah di praktekan untuk menembak seekor anak sapi dengan jarak -/+ 10meter dan bisa membunuhnya.

B.Pengertian Senapan Angin

Senapan Angin adalah sebuah senjata yg menggunakan sistem kontruksi yg di gerakkan dengan sebuah tekanan udara/angin yg di mampatkan pada tekanan tertentu lebih dahulu di ukur dengan PSI (Pounds per Square Inch ), lalu di keluarkan untuk menekan atau menggerakan sebuah peluru dengan kecepatan tertentu di ukur dengan FPS (Feet per second).

C.Fungsi Senapan Angin

Berbeda fungsi kalau di abad ke-18 senapan angin di pergunakan untuk senjata perang, dengan berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi kini senapan angin berfungsi untuk olahraga dan berburu saja. Dan jika di gunakan di luar jalur tersebut atau melanggar peraturan perundangan maka akan di kenakan sangsi hukum sesuai dengan peraturan yg berlaku.

Senapan Angin Sekarang Hanya Di gunakan :

1.Dalam Olahraga Senapan Angin mempunyai beberapa kelas kompetisi perlombaan contoh Multi-Range, Three-position dan Benchrest.
2.Di bidang beburu senapan angin di gunakan untuk

  • Big game permainan besar seperti menembak babi, rusa dan hewan besar yg lain tidak di lindungi atau satwa liar.
  • Medium Game permainan sedang menembak Biawak, kelinci, Rase dll
  • Small game menembak jenis binatang kecil misal tupai dan burung2 kecil.

D.Jenis Senapan Angin

Berbagai jenis senapan angin di bagi menjadi 5 jenis senapan angin sesuai sistem kerjanya yakni sebagai berikut;

1.Senapan Angin PCP (pre charge-pneumatic)

Senapan yg cara penyimpanan angin dengan tabung berbentuk bocap dan tabung bentuk pipa yg mempunyai kapasitas aman di bawah 2700psi dan tidak boleh mengkosongkan angin karena akan menimbulkan cepat rusaknya seel pada valve yg berakibat akan susah di isi angin atau akan terjadi kebocoran, dan di anjurkan menyisakan angin minimal di bawah tekanan 500psi.
Senapan angin pcp, pcp bocap, bocap marauder
Senapan angin jenis pcp ini bisa menghasilkan 30-60x tembakan sesuai pengaturan yg di inginkan dalam sekali pengisian lewat scuba atau hillpump. Senapan angin Pcp ini di lengkapi dengan kupler pengisian angin yg bisa di isi menggunakan pompa manual atau tabung scuba yg sudah di lengkapi dengan adapter dan regulator pengukur tekanan udara.

Bukan di scuba saja di senapan angin pcp ini juga di lengkapi regulator pengukur tekanan untuk memudahkan pengisian ulang ketika angin yg di dalam tabung akan habis. Senapan Angin Pcp sendiri di bagi menjadi beberapa macam yakni;

  1. Senapan Angin Pcp Bocap
  2. Senapan Angin Pcp Marauder
  3. Senapan Angin Pcp Mouser
  4. Senapan Angin Pcp Luger
  5. Senapan Angin Pcp Air Arm
  6. Senapan Angin Pcp Afc
  7. Senapan Angin Pcp Predator dll.

Untuk Merk Senapan Angin PCP yg berkualitas silahkan cek disini.

2.Senapan Angin Spring Piston (peer/pegas).

Senapan angin yang mempunyai sistem kerja dengan cara memukul mimis dengan tekanan udara yg dimampatkan dan dihasilkan dari mekanisme suatu piston/spring. Dari sebuah per, suatu piston di dalam tabung kompresi didorong dan di tekan dengan kecepatan tinggi untuk memampatkan kolom udara dan berfungsi untuk mendorong peluru atau mimis yang ada di depannya.

Senapan spring piston sangat mudah digunakan karena hanya perlu sekali memompa pada saat mengokang dan tidak perlu peralatan tambahan untuk mengisi angin.Kerugiannya adalah senapan per menghasilkan suatu gerakan senapan yang beda dinamakan recoil di mana gerakan ini membuat senapan angin lebih sulit digunakan dan mengharuskan pemasangan rifle scope yang dirancang khusus untuk menahan tekanan atau getaran yg di akibatkan gaya recoilnya.

Senapan Spring/piston di bagi menjadi dua macam yaitu;


  1. Senapan patah laras (break barrel) adalah jenis rancangan senapan per yang paling efisien dan paling populer. Laras pada senapan jenis ini berfungsi ganda sebagai pengungkit untuk mengokang per senapan. Peluru/Mimis pada senapan jenis ini langsung dimasukkan ke dalam pangkal laras (breech)  yang akan terbuka pada saat senapan dikokang.
  2. Senapan berlaras tetap (fixed barrel) jenis senapan yang mana larasnya tidak berfungsi sebagai pengungkit per. Peluru/Mimis dimasukkan ke dalam senapan jenis ini melalui komponen khusus yang berupa Ruangan bergeser (sliding chamber).
Senapan angin spring, senapan angin pegas, senapan peer

Fixed barrel berdasarkan letak kokangnya (cocking arm) di bagi menjadi tiga bagian yaitu;

  • Senapan underlever (sistem kokang di bawah) seperti pada Weihrauch HW 77/97 atau BSA Airsporter.
  • Senapan sidelever (sistem kokang di samping) seperti pada Diana Mod 54 Air King.
  • Senapan toplever atau overlever (sistem kokang di atas).Selanjutnya fakta (Senapan Angin Spring).

3.Senapan Angin MultiPump/ Uklik

Salah satu senapan angin yg sangat banyak di gunakan oleh masyarakat, di samping harganya terjangkau dan bisa di temukan di toko-toko olahraga dan toko online di internet. Senapan Angin Uklik ini mempunyai mekanisme cara mengisi angin dengan memampatkan udara menggunakan kokang yg sudah menjadi bawaan senapan tersebut yakni dengan cara memompa secara manual 3-5x pompa atau sesuai power yg di butuhkan agar mendapatkan kecepatan yg di inginkan.
Senapan Angin uklik sendiri mempunyai dua bagian kokang atau pompa yg terletak dibawah dan di samping (pomping).
Seiring perkembangan banyak pengrajin senapan yg berinovasi sehingga di temukan jenis senapan angin uklik baru yg di berikan nama Uklik Double Power sistem kerjanya yaitu di samping dengan memompa secara manual bisa juga di isi langsung dengan angin lewat tabung scuba atau hillpump. Karena Uklik Double Power ini telah di lengkapi dengan kupler pengisian angin layaknya senapan angin Pcp. Sedangkan untuk tenaga senapan Uklik double power lebih bertenaga ketimbang uklik yg biasa karena sudah memiliki konstruksi yg hampir sama dengan senapan angin Pcp.

Beberapa contoh Senapan Angin Uklik... Sharp Inova, Sharp Tiger, Canon, Benjamin dan masih banyak lagi. Untuk sobat yg ingin mengupgrade senapan ukliknya biar tambah tenaga silahkan baca Cara Upgrade Senapan Angin Uklik

4.Senapan Angin Gejluk

senapan angin yang menggunakan sistem pengisian angin dengan cara menggunakan teknik menggejlukan atau menghentakkan sebuah pompa (yg terletak di ujung tabung di bawah ujung laras)kebawah yang bertujuan untuk mengisi angin ke tabung sekitar -/+ 500x. Senapan gejluk ini berbeda dengan senapan angin uklik yg sama-sama menggunakan pompa manual tetapi senapan gejluk bisa menyimpan angin untuk beberapa kali tembakan dan tentunya mempunyai power yg jauh lebih kuat daripada senapan angin uklik.
Senapan angin gejluk, gejluk sanaji, gejluk pasopati, gejluk dwp
Tidak jauh beda dengan senapan uklik yg mengeluarkan Uklik double power, Pengrajin Senapan gejluk juga Mengeluarkan Gejluk yg di rancang seperti senapan angin Pcp yg bisa di isi menggunakan tabung scuba atau hilpump. Yaitu dinamakan Senapan Gejluk DWP (Dual Power).

Beberapa Contoh Merk Senapan Gejluk Berkualitas;


  • Senapan Gejluk Sanaji
  • Senapan Gejluk Pasopati
  • Senapan Gejluk Bj Hunter dll.

Untuk penggunaan senapan angin gejluk silahkan masuk (kesini).

5.Senapan Angin Paser

Adalah senapan angin yg mempunyai cara kerja yg sama dengan ke-4 jenis senapan angin yg sudah saya sebutkan di atas. Yang membedakan hanyalah peluru dan larasnya. Jika ke-4 jenis senapan angin di atas menggunakan peluru berbentuk proyektil atau mimis, dalam senapan angin paser ini menggunakan peluru dengan anak panah yg di ikat oleh tali atau kenur untuk mancing ikan karena senapan angin paser di pergunakan untuk menembak ikan yg ada di atas permukaan air misal: ikan gabus, ikan munjair, ikan patin dan ikan2 air tawar dan laut yg lain.
Senapan angin paser, senapan ikan, paser ikan, senapan angin paser ikan
Untuk penggunaan laras kalau senapan angin yg biasa menggunakan laras beralur dan berbagai jenis bentuk alur misal: laras poligonal dengan 6 alur dan jenis alur2 lain antara 8,9,12 dll. Senapan Angin Paser ini hanya menggunakan 1 jenis laras yaitu laras blank atau laras tanpa alur. Di senapan paser ini hanya di tambahkan rell atau semacam alat gulungan senar yg berfungsi mengikat anak panah agar ketika tembakan mengenai sasaran tidak hilang ke dalam air tapi kita masih bisa menariknya dengan menggulung tali tersebut.

Senapan Angin Paser ini Masih di kembangkan oleh sebagian besar penghobby saja dan belum banyak di temukan toko-toko senapan angin tanpa harus memesan terlebih dahulu. Karena senapan angin jenis paser ini masih kurang laku di kalangan bediler. Jadi hanya orang tertentu yg merakitnya.
Nah untuk sobat yg hendak membeli senapan angin silahkan berkunjung kesini.
Senapan Angin bukanlah senjata buat mainan jadi apabila sobat belum mempunyai ketrampilan atau skill khusus lebih baik belajar dulu ke yg profesional atau lebih senior. Karena jika belum mempunyai pengalaman akan mengakibatkan senjata ini bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain dan bahkan bisa berurusan dengan hukuman pihak yg berwajib. Salam kompak selalu bediler indonesia ingat tetap mengutamakan keamanan dalam penggunaan senapan angin baik dalam olahraga atau berburu, semoga bermanfaat terimakasih.
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Senapan Angin di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2