5 Kunci Rahasia Sukses Menembak Tepat Sasaran Menggunakan Senapan Angin Bagi Pemula

Ketemu lagi dengan saya Bediller Koplak salam kompak selalu para Bediler Indonesia. Dalam kegiatan menembak dapat menjadi sebuah kesenangan bagi sebagian orang dan bahkan sampai mendarah daging contohnya saya yg memiliki hobi senapan angin sejak kecil karena turun temurun dari kakek moyang saya. Terutama yang suka hal-hal yang dapat memicu adrenalin tapi juga di butuhkan kesabaran, ketenangan dan juga konsentrasi. Salah satu senjata yang umum digunakan dalam kegiatan ini adalah senapan angin. Pada awalnya, senapan angin adalah senjata yang dipakai oleh tentara Amerika saat melawan Inggris. Namun, seiring perkembangan zaman, fungsi dari senapan angin tersebut pun meluas, yakni dipakai dalam ajang olahraga menembak atau pun untuk berburu.

senapan angin pcp, menembak sasaran, senapan angin pcp terbaik
Dilihat dari Perkembangan kualitas senapan angin di dunia yang cukup pesat terbukti dari di adakan nya kompetisi tingkat internasional. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengenalkan model-model terbaru yang di modifikasi sedemikian rupa.Pengrajin dan Produsen Senapan Angin di Indonesia juga semakin banyak. Hal yang sama juga berlaku pada penggemar senjata ini. Nah, bagi sobat yang masih baru dalam menggunakan senapan angin, pasti mengalami berbagai kendala. Terutama dalam hal tembakan yang pas mengenai target. Sebelum itu, pastikan bahwa sobat sudah cukup umur dan mempunyai lisensi atas kepemilikan senjata untuk menghindari hal yg tidak kita inginkan! apalagi sampai berurusan dengan hukum.

Berikut beberapa rahasia Menembak dengan Senapan Angin yang dapat pemula lakukan agar tembakan tepat sasaran dan tidak meleset. 

1.Memilih Senapan Angin Yang Tepat 
Tidak dapat dipungkiri, jenis senapan dapat memengaruhi tingkat akurasi dan kenyamanan sobat dalam membidik sebuah sasaran entah sasaran hidup atau benda mati. Sobat harus menyesuaikan tipe dan ukuran senapan sesuai kebutuhan. Senapan angin dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Antara lain, tipe pompa/uklik, Gejluk, per/pegas, PCP (Pre-Charged Pneumatic), dan multi-pump pneumatik.
Semua tipe baik klasik maupun modern memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi hal tersebut tidak akan berguna jika tidak pas dengan yang sobat inginkan. Senapan angin yang terlalu kecil tentunya akan menjadi terlalu sempit bagi sobat, sementara jika laras nya terlampau panjang juga mengganggu tatkala membidik sasaran. Sobat juga harus mempertimbangkan pemicunya atau Trigger. Untuk mengetahuinya, sobat cukup meletakkan gagang senapan di lekuk siku. Jika bantalan jari Anda jatuh dengan nyaman di atas pelatuk, selamat! Senapan tersebut cocok untuk sobat pergunakan (hal ini adalah sebuah kenyaman tersendiri bagi pemiliknya).
Selain itu, cara mengokang juga berpengaruh. Untuk senapan angin pegas/per, hanya memerlukan 1 kokangan saja dalam menembak. Sementara tipe pompa atau uklik, membutuhkan setidaknya 5-10 kali pompa untuk sekali tembak. Dengan mengetahui dan mempelajari teknik masing-masing jenis senapan angin, bidikan sobat akan menjadi semakin mantap dan peluru pun dapat dipastikan mengenai sasaran dengan telak. Nah cara memilih senapan angin yg tepat silahkan baca Disini.

2.Jarak dan Posisi 
Kemampuan menembak memiliki elemen-elemen yang saling berhubungan. Termasuk jarak. Melatih diri dalam memperkirakan jarak dengan sasaran akan sangat membantu meningkatkan keterampilan dalam membidik. Setidaknya, ada 3 jenis posisi menembak.

  • Berdiri: Membidik saat berdiri dapat menjadi posisi yang bagus atau pun buruk. Karena sobat bisa agak kesulitan untuk menggeser tubuh. Oleh sebab itu,Sobat harus mengetahui cara membidik yang benar ketika berdiri. Untuk mengasahnya, dapat terus berlatih dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan menembak atau pun minta ajari secara langsung dengan teman Sobat yang lebih Profesional. 
  • Berlutut:  Menembak dengan posisi berlutut cukup mudah untuk dilakukan. Ketika kita berlutut, selipkanlah siku di lutut atau di belakangnya, atau di permukaan lutut yang datar. Namun, sobat juga harus berhati-hati karena jika tidak, titik siku yang keras dan tumpul dapat bergeser sehingga menyulitkan menyetel bidikan.
  • Duduk: ini adalah sikap yang baik dalam membidik. Akan tetapi, posisi ini kurang menyenangkan jika sobat sedang mengintip target. Letakkan siku dan pertahankan di belakang atau depan lutut agar sikap sobat kokoh dan tembakan tepat sasaran. 
  • Miring/Menyerong: sobat dapat memanfaatkan lingkungan sekitar. bersandarlah di pagar-pagar, gerbang, batang pohon sebagai penyangga senapan angin sobat dalam menempatkan bidikan yg benar-benar tetap pada sasaran. Sehingga kemungkinan meleset sangat kecil.

3.Pernapasan 
Inilah hal sangat penting ketika melihat sasaran tembak dan akan melepaskan bidikan dengan memantapkan jari menekan pemicu senapan angin. Ketika sedang membidik, ambillah napas panjang lantas keluarkan dengan tenang. Kemudian, tarik lagi lebih panjang dan hembuskan, lalu tahan. Tekan pelatuk dan lepaskan peluru.
Para penembak dan pemburu yang sudah berpengalaman sering melakukan latihan pernapasan untuk meningkatkan tingkat akurasi menembak, mengontrol diri, dan mengurangi pergerakan senapan dengan berlatih tembakan kering (menembak tanpa menggunakan peluru pada senapan angin) ini adalah sebuah paduan antara konsentrasi dan ketenangan. sobat pun dapat mencobanya melalui latihan-latihan tersebut.

4.Membaca Arah Angin
Mungkin yg satu ini bisa di lewatin dulu karena untuk pemula sangat susah mengerti teknik ini yg terpenting darimana datangnya target kita harus sigap. Membaca arah angin Sangat penting bagi penembak yg sudah berpengalaman untuk mengetahui kondisi cuaca termasuk arah angin. Entah itu dalam olahraga terlebih ketika berburu. Karena jika berburu tidak bisa menebak arah angin dengan baik, maka dapat dipastikan tembakan akan banyak meleset.
posisi menembak, senapan angin, cara menembak, berburu

5.Kamuflase atau Penyamaran
Kamoflase adalah salah satu usaha penyamaran agar tidak di ketahui oleh target yg mau kita bidik ini hanya berlaku untuk berburu saja. Bagi penembak dan pemburu, kemampuan berkamuflase adalah salah satu kunci keberhasilan menembak target. Semakin bagus kamuflasenya, semakin besar kesempatan mendapatkan buruan. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah penampilan . Jika sobat hendak berburu, jangan pakai pakaian yang warnanya mencolok dari lingkungan agar penyamaran bener-bener sempurna. ini salah satu baju kamuflase saat mau berburu.
rahasia menembak, posisi menembak, anggota perbakin, Klub GSC
Tidak ada keberhasilan yang instan. Oleh sebabnya, penting bagi kita Pengguna senapan angin baik pemula berpengalaman bahkan yg sudah profesional sekalipun. untuk membentuk sikap konsisten dan pantang menyerah agar kemampuan yang kita miliki semakin terasah. sebaiknya Kita tetap terus berlatih atau bergabung di kelas menembak, komunitas, klub-klub pemburu atau Pebakin. Disini Bediler koplak juga menulis artikel Cara Mendaftar Anggota Perbakin.

Khusus sobat yang ingin berburu menggunakan senapan angin, disarankan untuk mencari lokasi yang strategis, contohnya jauh dari area pemukiman. Kemudian, menghindari menembak satwa yang dilindungi negara. Dan jika masih pemula harap jangan mencoba berburu ke hutan sendiri tanpa di temani oleh orang yg lebih berpengalan. Silahkan sobat praktek kan langsung ke-5 Kunci Rahasia Menembak Dengan Senapan Angin Agar tepat sasaran. Semoga bermanfaat terimakasih.
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2