5 Tips Cara Memilih Laras Senapan Angin Yang Baik Supaya Mendapatkan Akurasi Yg Bagus

 Kita mulai dari arti Laras senapan angin dulu, Apa si arti laras senapan angin itu? Tidak perlu saya jelasin ya sobat bediler juga saya yakin sudah pada tahu kok... hehhehe... kalau untuk fungsinya?? Ehmmmss tidak usah di jelaskan juga ya... hahahaha, yg jelas sebuah Laras yg ada di senapan angin itu adalah organ paling penting untuk mendapatkan sebuah Keakuratan Menembak dalam senapan Angin. Jadi ibaratnya nyawanya Sebuah Senjata heeheheh sangat ekstrim ya. Kalau umumnya yg menentukan akurasi senapan angin adalah Laras dan di tambah bagian-bagian atau part yg lain sebagai penunjang.
Bediler indonesia mimis terbaik
Nah dari situ sobat pasti udah kebayang kan fungsinya laras senapan angin itu buat apa? Ya jelas beda dong sama penjelasan yg ada di atas. Pada dasarnya fungsi laras senapan angin sendiri adalah untuk melontarkan peluru/proyektil atau lidah kita biasa menyebutnya Mimis saat senapan di tembakan. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa menembakan sebuah peluru biar tidak sia-sia di perlukan adanya Akurasi, langsung aja ya biar  tidak kebanyakan nulis hehehehhe... yg lainnya sobat bisa referensikan sendiri dah... saya akan langsung memberikan
Laras senapan angin bediler indonesia

Beberapa tips cara memilih laras senapan angin yg baik supaya mendapatkan tingkat Akurasi yg bagus.

1.Panjang Laras
Saat sobat berniat membeli laras harus mengerti dulu mau di pakai buat apa nantinya...? Dari ukuran panjang laras sangat beragam dari yg laras 27cm atau biasa di sebut laras bogel sampai berukuran 70cm atau bisa lebih yg biasa di pakai pemburu. Nah kalau laras untuk lomba atau kompetisi ukuran standart rata-rata 60-65cm seperti laras senapan angin yg di keluarkan oleh producknya Feinwerkbau, Winchester, Lothar Walther (Lw).
2.Bahan Laras
Ini adalah yg sangat penting dalam pemilihan laras senapan angin karena menyangkut masa penggunaan atau ke awetanya. Karena yg namanya laras semakin sering di pergunakan maka lama kelamaan akan mengalami kerusakan. Untuk di lokal sendiri setau saya ada beberapa bahan yg di pergunakan untuk membuat laras senapan angin, antara lain
  1. Kuningan : bahan yg sangat mudah dalam perawatanya harganya juga sangat terjangkau. tapi untuk ketahanannya kurang awet.
  2. Baja Seamless : biasa juga disebut baja import atau material yg bukan sambungan sebenernya perawatannya sangat mudah tapi harus sering-sering di bersihkan karena gesekan peluru yg di tembakan akan meninggalkan butiran timah di dalam alur laras. Untuk di harga lumayan harus mengantongi minimal 1jtan rupiah.
  3. Baja lokal nah ini bahan yg biasa di pakai pada laras senapan angin lokal misalnya senapan angin jenis sharp (uklik) dan pengrajin senapan angin PCP lokal.
3.Alur Laras
Semakin majunya dunia teknologi dan berkembangnya ilmu pengetahuan yg tadinya kita tahu alur laras 8,9 dan 10 dan 12. Kini banyak alur Laras yg di buat dari alur 0 atau tanpa alur biasa di pergunakan pada Paser atau senapan angin untuk menembak ikan yg pelurunya mirip anak panah. Ada Alur 6 ulir biasa dan ada alur 6 ulir Poligonal seperti yg di keluarkan oleh LOTHAR WALTHER tetapi sudah banyak juga pengrajin kita yg menjiplaknya walau belum bisa menyamai namun sudah bisa mendekati ke akuratanya. Inovasi baru ada alur 16 dan 24 disini saya belum bisa menjelaskan karena belum pernah menggunakanya. Di dalam alur sendiri ada beberapa hal yg harus di perhatikan:
Putaran laras twistrate laras senapan angin
  • Laras Choke dan Non Choke ini adalah sebuah alur yg di buat menyempit lebih kecil di ujung laras biasanya ukuran rata-rata di buat antara 4-6cm sebelum peluru keluar dari laras.
  • Putaran Peluru atau Twistrate ini adalah ukuran di mana setiap peluru yg keluar atau di tembakan saat di udara mempunyai beberapa kali putaran dalam setiap cm atau inchi tergantung ukuranya. Semisal TwistRate 1:16 setiap 16 inchi peluru akan mengalami 1x putaran. Untuk penjelasanya ketemu di arikel berikutnya.
4.Diameter Laras
Diameter terdiri dari dua bagian yaitu diameter luar (OD) dan diameter dalam (ID). Biar sobat ga tertipu saat membeli pastikan tahu hitungan rumus berikut. (OD-ID):2 = tebal laras, jadi misal OD=18mm ID=4,5mm jadi 18-4,5= tebel 13,5:2= 6,76mm. ID sendiri di dapat dari hitungan kaliber peluru yg di gunakan, biasanya pengrajin laras membuat lubang berdiameter rata-rata 4,4-4,47mm. Ukuran diameter laras berkisar antara OD 9mm - 22mm.
5.Presisi
Presisi adalah sesuatu hal yg berhubungan dengan mendekati sempurna. Jadi Laras yg Presisi itu seperti apa si... ? Laras yg Presisi bisa di liat dari:
Alur laras cronning laras senapan angin
  • Ulir Laras : disini kita harus liat secara langsung ulir laras itu benar-benar bagus tanpa ada luka atau salah satu ulir yg membelok ke arah lain atau putus.
  • Bentuk Laras : Disini bisa langsung kita chek dengan memutarkan laras di atas kaca jika laras berputar normal tanpa ada gerakan yg beda berarti laras itu bagus dan tidak bengkok.
  • Croning Laras : Terletak pas benar-benar di ujung laras ukuran kurang lebih 0,5mm-10mm disitu bisa kita liat cronning yg bener2 memutar dan tanpa guratan sedikitpun.
  • Lubang Laras jika kita teropong ataupun kita ukur harus bener-bener sama rata dan berada pas posisi titik tengah dan tidak boleh berbentuk kotak harus bener-bener memutar.
Sampai disini dulu ya sedikit pengalaman yg saya tuliskan mengenai Tips Memilih Laras Senapan Angin yg Baik supaya mendapat Akurasi yg Bagus. Untuk sobat yg mau beli senapan angin atau membeli Laras Senapan Angin saja bisa langsung Menggunakan Tips tersebut di atas, Semoga bermanfaat. Salam Bediler indonesia Kompak terus,
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Cara Memilih Laras Senapan Angin Yang Baik Supaya Mendapatkan Akurasi Yg Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2