TIPS CARA MERAWAT SENAPAN ANGIN KALIBER 4,5 mm (177)

Setelah cukup lama menulis di blog bediller.com walaupun masih belum banyak isi artikelnya, terbesit sedikit di pikiran untuk menuliskan sesuatu hal yang sangat-sangat sepele tapi benar-benar sangat bermanfaat bagi sobat bediler. Nah iya itu tentang perawatan senapan angin. Disini saya hanya berbagi berdasarkan pengalaman sehari-hari tentang tips cara merawat senapan angin kaliber 177 atau 4,5mm.
Senapan angin predator, service senapan, tips senapan angin
Senapan angin adalah sebuah senjata yg menggunakan sistem kontruksi yg di gerakkan dengan sebuah tekanan udara/angin yg di mampatkan pada tekanan tertentu lebih dahulu di ukur dengan PSI (Pounds per Square Inch ), lalu di keluarkan untuk menekan atau menggerakan sebuah peluru dengan kecepatan tertentu di ukur dengan FPS (Feet per second).

Senapan angin memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fungsi dan cara penggunaannya. Mulai dari senapan angin PCP (pre charge pneumatic), pompa tangan, gejluk, spring piston dan sebagainya untuk lebih detailnya silahkan lihat Jenis Senapan Angin.

Tetapi pada umumnya, kita bisa mengklasifikasikan jenis-jenis senapan angin ini dengan tiga jenis, yaitu senapan angin pcp, jenis pompa dan senapan angin jenis per/pegas. Berikut ini adalah tips cara merawat senapan angin.

1.TIPS MERAWAT SENAPAN ANGIN SENAPAN JENIS POMPA

Senapan angin jenis ini cara mengisi angin memakai pompa tangan bawaan yang sudah terpasang langsung dalam senapan angin, ada lagi jenis senapan angin yg cara memompanya dengan menekan senapan angin langsung yang ini namanya senapan angin gejluk. Kedua senapan ini memiliki mekanisme yg sama yaitu sama-sama dengan cara memompa yang terintegrasi ke sebuah tabung (penampung udara) untuk memadatkan udara lalu dilepaskan untuk melontarkan peluru/mimis.
Senapan angin pompa, senapan canon 707, cara merawat senapan angin
Sedangkan untuk cara pelepasan angin, jenis senapan ini memiliki dua tipe cara yaitu Knock open valve dan juga Dumping system.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, tarik kokang (bolt), pompa sebanyak 3-4 kali (untuk jenis uklik) dan pompa 200-500 kali (untuk jenis gejluk). masukan pellet ukuran 4,5 mm, tutup kokang, bidik, dan tembak.

Jenis senapan pompa tangan ini cukup akurat untuk jarak 10-15 meter beda sama senapan gejluk karena lebih banyak memompa pastinya jauh lebih banyak angin yg di tampung, sehingga bisa memperoleh 20-40 kali tembakan.

Selain itu, untuk uklik pompa dapat ditambah sesuai keinginan agar jangkauan tembakan lebih jauh, agar pandangan bisa lebih jauh yg biasanya senapan angin pompa menggunakan visir bawaan, maka kita butuh alat bantu yaitu teleskop (riflescope) agar bisa melihat lebih jauh dan jelas.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa sobat ikuti untuk merawat senapan angin jenis pompa :
  1. Bersihkan semua bagian permukaan senapan setelah dipakai, boleh menggunakan kain/lap yang diberi sedikit pelumas (kalau belum tahu bahan kimia sebaiknya menggunakan minyak goreng saja) untuk mencegah karat terutama pada bagian yang berbahan besi dan menghindari part kecil rusak.
  2. Bersihkan alur laras secara berkala agar keakuratan laras selalu stabil, menggunakan kain yg halus dan hindari membersihkan dengan benda kasar atau keras agar tidak terjadi goresan pada alur.
  3. Hindari memberi pelumas yang berlebihan pada klep pompa ataupun tabung pompa, karena pelumas bisa masuk ke tabung angin  sehingga mempercepat keausan seal.
  4. Untuk senapan pompa jenis gerendel, pastikan tidak terkokang lama bila belum siap tembak atau batal nembak, agar per bolt / per kokang tidak cepat lemah.
  5. Pastikan selalu terisi angin minimal 1x pompa pada saat senapan akan disimpan, agar seal / klep tetap meregang dan untuk jenis gejluk minimal 200/500 psi.

2.TIPS MERAWAT SENAPAN JENIS PER (Piston)

Senapan angin jenis ini memakai per untuk memompa udara dan mendorong peluru.
Beikut beberapa tipe atau jenis senapan ini berdasarkan cara pegas yang ditekan yaitu :
  • Tipe under lever
  • Side lever
  • Patah laras (break barrel).
Untuk jenis ini cara pemakaiannya sangat mudah, tinggal patahkan laras atau tarik tuas , masukan pellet ukuran 4,5mm , bidik dan tembak.

Kelebihan pompa jenis per adalah lebih mudah digunakan, karena kita hanya perlu menarik tuas sekali saja, dan siap untuk menembak.

Namun kekurangan jenis ini adalah tenaga tembakan tidak dapat diatur seperti jenis pompa, sekali kokang terbatas utk jarak tertentu, maximal 10-15 mtr, namun demikian senapan jenis ini masih mampu menjangkau jarak yang lebih dari itu walaupun tidak menjamin keakuratannya.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kita ikuti untuk merawat senapan angin per pegas (piston):
  1. Bersihkan permukaan senapan (dari laras sampai ke popor) setiap abis pemakaian, boleh menggunakan kain / lap yang diberi sedikit pelumas gunanya untuk mencegah karat terutama dari bahan besi.
  2. Untuk perawatan Alur laras cara membersihkan tetap sama pada senapan angin pompa.
  3. Berikan pelumas pada bagian-bagian yang bergerak contoh: Per Piston, Trigger, Tuas atau Kokangnya.
  4. Hindari penggunaan senapan dalam keadaan tanpa peluru karena akan menyebabkan kerusakan yang parah pada klep piston. 
  5. Jika senapan akan disimpan, pastikan tidak sedang dalam keadaan terkokang karena dapat membahayakan diri kita sendiri dan orang lain. Selain itu, daya regang per juga akan cepat kendur. 

3.YANG TERAKHIR CARA MERAWAT SENAPAN ANGIN PCP

Senapan yg satu ini kalau menurut saya perawatannya cukup mudah walaupun banyak tipe dan varian. Untuk tipe senapan angin PCP silahkan baca Disini.
Senapan angin pcp od 28, merawat senapan angin uklik
Untuk perawatannya hampir sama persis dengan jenis senapan angin yg lain, Cuma senapan angin pcp sedikit beda yaitu pada pengisian tabung bocap atau pipa penampungan angin:
  • Hindari mengisi angin di atas tanda maksimal kekuatan tabung standar keamanan untuk indonesia (SNI) maksimal 2700psi.
  • Jangan lupa membuka tabung senapan angin untuk membersihkan kadar air yg di hasilkan dari pengembunan udara menjadi air dalam tabung bocap atau tabung pipa, yg di akibatkan dari pengisian lewat tabung scuba atau pompa manual (hillpump).
Demikian informasi tentang tips cara merawat senapan angin, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat untuk semua sobat bediler. Sekali lagi saya mengingatkan utamakan keamanan (safety first) dalam menggunakan senapan angin dan selalu berhati-hati, terima kasih.
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Belum ada Komentar untuk "TIPS CARA MERAWAT SENAPAN ANGIN KALIBER 4,5 mm (177)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2