Kelebihan dan Kekurangan Senapan Berkaliber Tinggi

Kaliber Peluru, kaliber proyektil, mimis
Kaliber menggambarkan berapa lebar diameter sebuah peluru. Ini dilihat dari garis tengah peluru ataupun garis diameter isi lorong laras. Biasanya, ukuran kaliber dikatakan dalam satuan inci ataupun milimeter. Satuan inci biasanya untuk kebutuhan komersil, sedangkan milimeter adalah untuk militer. Kaliber beragam jenisnya, mulai dari yang paling standar yaitu 177” (4,5 mm) sampai pada kaliber terbesar. Seiring perkembangan zaman, kaliber juga mengalami berbagai perubahan dari segi bentuk dan ukuran, mulai yang paling kecil sampai terbesar. Pada umumnya, semakin besar kaliber, maka semakin besar pula target yang dapat Anda lumpuhkan. Akan tetapi, ukuran kaliber tidak selalu berbanding lurus dengan kekuatan. Umumnya, kaliber terbuat dari bahan timah. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan gambar di bawah ini.

Seperti yang tercantum dalam gambar sekumpulan peluru di atas, nomor-nomor kaliber menggambarkan seberapa besar ukurannya. Bentuknya juga beragam, ada yang bulat, sedikit lonjong ada pula yang lancip. Semuanya diproduksi untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kaliber yang besar tampak sangat menarik dan menantang, akan tetapi benarkah pernyataan seperti itu? Dilansir dari PyramydAir, senapan yang berkaliber tinggi mempunyai beberapa berlebihan dan kekurangan berikut penjelasannya :

1.Lebih Powerfull

Sudah tidak diragukan lagi bahwa senapan yang kalibernya tinggi jauh lebih bertenaga daripada yang bukan. Ini dikarenakan diperlukan banyak energi untuk mengaktifkan peluru kaliber besar. Sehingga dampak yang dihasilkan juga setara. Semakin tinggi ft lb (Foot Pound) energi, maka semakin besar pula knock down yang dimiliki pelet ketika menyentuh target.

2.Lebih Mudah Menumbangkan Target

Karena diameter kalibernya besar, tingkat keberhasilan Anda mengenai target juga besar. Akan tetapi, itu hanya akan menjadi sekadar teori jika Anda tidak memperhitungkan jarak dengan tepat. Oleh sebabnya, ketika Anda sedang berburu, Anda harus menganalisis perbandingan jarak dengan mangsa buruan. Jika Anda berada dalam jangkauan jarak dekat, membidik dan menembaknya juga pasti mudah dan lebih cepat.

3.Bigger Game 

Tingkat kaliber berhubungan dengan kecepatan senapan Anda. Oleh karenanya, jenis kaliber besar tidak direkomendasikan untuk kompetisi menembak, kecuali perburuan. Ada sejumlah alasan. Yang pertama, semakin besar kaliber, semakin lambat senapan Anda. Kedua, dalam kompetisi biasanya mengutamakan ketepatan, kecepatan. Jadi tidak cocok diikutkan dalam kejuaraan. Bagi Anda yang menyukai sesuatu yang meningkatkan adrenalin, pilihlah kaliber yang besar agar kepuasan Anda  menjadi lebih terasa.

4.Harganya Mahal

Produksi kaliber besar di negara-negara masih tergolong jarang. Kalaupun ada, produksinya juga pasti terbatas. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi Anda dapat searching dan memesannya ke toko yang menyediakan kaliber bersangkutan.

5.Tidak Semua Senapan Cocok Menggunakan Peluru Kaliber Besar

Seperti bermain puzzle Anda pasti membutuhkan potongan yang sesuai ukuran. Begitu pula dengan senapan, kaliber harus pas dengan diameter laras senapan yang Anda miliki. Pada umumnya jenis senapan yang menggunakan kaliber tinggi ini adalah PCP (Pre-Charged Pneumatic). Jadi, jika Anda bukan termasuk penggemar senapan tipe ini, mungkin akan mengalami sedikit kendala.

6.Harus Punya Izin Resmi.

Izin harus di buat langsung dari Perbakin Daerah setempat dan melalui tes yg di setujui oleh Perbakin pusat dengan sepengetahuan Pihak yg berwajib. Penjelasannya di Cara Mendapatkan izin Perbakin.
Itulah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan memiliki kaliber tinggi. Baik senapan kaliber tinggi maupun tidak, keduanya mempunyai keistimewaan masing-masing. Kaliber yang tinggi memang cenderung lamban, mahal dan tidak selalu cocok digunakan di setiap kesempatan. Selain itu penggunaannya juga diperuntukkan bagi Anda penyuka big game. Akan tetapi bila ditinjau dari sisi power, senjata ini adalah juaranya. 
Bediller Koplak Saya Hanyalah Seorang Bediller Kampung yg Hobby Dengan Olahraga di Bidang Senapan Angin dan Berusaha Mencurahkan Sedikit Pengalaman di Blog sebagai Kenangan Tersendiri.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Senapan Berkaliber Tinggi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2